Kenapa Stress??




Stres adalah tekanan pada mental akibat masaah hidup sehari-hari/ kejadian besar yang menimbulkan trauma. Biasanya stress pada kehidupan kita disebabkan oleh masalah serta tekanan dalam keluarga, pekerjaan/ kegiatan sehari-hari yang memicu stress, bisa hal besar, bahkan hal sepele. Masalahnya stress kecil ini bisa menjadi besar jika bertumpuk tanpa adanya cara yang tepat meredekan mental dari gempuran stres.

Inilah beberapa hal, yang bisa dilakukan untuk mencegah & meredakan stress :

A Buat Jurnal Harian, hal apa yang bisa membuat anda stres.

Buat notes kecil & catat apa saja yang membuat anda stres lakukan dalam beberapa minggu, dan kenali penyebabnya. Jangan remehkan ini, karena mungkin penyebab stress anda adalah hal yang sederhana, semacam ”keributan” kecil di pagi hari. Bangunlah lebih awal, lakukan hal yang menenangkan, berdoa, atau jalan pagi. Ini akan membuat anda makin rilex.

B Positive Thinking ! Inilah pendekatan dari ”dalam” untuk mengubah kebiasaan buruk. Terimalah setiap tahap kehidupan dengan bersyukur. Atur pikran dari yang Negatif-ke hal yang Positif. Jaga mental anda dari pikiran negatif, perhatikan kapanpun muncul & segera ubah menjadi hal positif.


Ketakutan dan Kekhawatiran...

Sadari pikiran ini datang, jadilah pemantau pikiran, tapi jangan menghakimi. Sadari ini akibat kepahitan dari masa lalu/ ketakutan akan masa depan. Anda harus yakin bahwa pikiran negatif hanyalah memperburuk keadaan. Hanya ketenangan yang mampu menciptakan solusi tepat.



Terimalah adanya masalah & Belajarlah dari kehidupan saat ini.

Tak ada kehidupan tanpa masalah & tantangan. Cara terbaik adalah menerimanya dan tidak menghindarinya. Lakukan hal terbaik untuk menyelesaikan.

B Meluangkan waktu bersama teman-teman yang bisa menikmati hidup minus rokok/ hal yang mengarah negative. Saat bersama mereka, perhatikan bagaimana mereka bisa menikmati hidup tanpa rorkok/hal yang bisa mengalihkan diri dari rasa stress. Contohnya menyibukkan diri dengan hal yang bisa membuat senang.

C Lakukan hal yang bisa mengurangi stres, berdoalah & pelajari teknik relaksasi, termasuk teknik bernapas dengan diafragma dan perut. Setiap stres datang lakukan teknik relaksasi ini : Bernapaslah perlahan dengan mengembangkan dan mengempiskan perut,perhatikan napas anda, rilex selama beberapasaat.

D Olahraga dan cari hobbi baru yang bermanfaat.

E Minta dukungan lewat curhat/konsultasi dengan keluarga,sahabat dan ahli. Anda kadang harus minta bantuan keluarga, sahabat atau ahli jika dirasa hal sederhana tak meredakan stres. Jangan malu karena anda berhak merasakan kebahagiaan.

F Perhatikan pola makan anda.

Kadang tekanan tugas membuat anda kehilangan kontrol apa yang anda makan dan anda minum. Hindari alkohol & kurangi kopi yang keduanya mempunyai efek menstimulasi sistem syaraf. Perbanyak sayur dan buah dan jangan menghindari waktu makan/sarapan akibat sibuk. Kembali, bahwa hidup adalah tantangan dan pembelajaran untuk kita semua.


Sumber : Healtylife edisi 10/X Oktober 2009

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Kenapa Stress??"

Posting Komentar