Aspek psikologis teknologi internet


1. . Pro – Kontra

Penggunaan internet selalu ada pro dan kontra namun hal itu dapat berbeda pendapat dari masing-masing pihak. Dalam hal ini penggunaan internet bagi anak-anak dapat menjadi positif dan negative. Dampak positif yang didapat oleh anak yang bisa menggunakan internet adalah berkembangnya kognitif yang signifikan dam kemampuan spatial. Dampak negative yang dapat diperoleh adalah jika anak sudah terpengaruh oleh pornografi dan kecanduan game online. Kecanduan game online dapat membuat anak lebih agresif karena permainan yang dimaikan kebanyakan adalah permainan tentang kekerasan seperti tembak-tembakan atau berkelahi.

Sebab-sebab diataslah yang mengharuskan orang tua tetap memantau kegiatan anak dan sebaiknya orang tua juga mengerti bagaimana mengoperasikan internet untuk hal-hal yang dapat menunjang perkembangan anak.

  1. Pemanfaatan Teknologi Internet yang Baik atau Memiliki Dampak Psikologis yang Baik untuk Anak-anak dan Remaja

Manfaat yang dapat diperoleh bagi remaja adalah pada bidang pengetahuan. Didalam internet terdapat berbagai pengetahuan yang dapat didapatkan oleh remaja. Pengetahuan itu selain yang ada pada buku, pengetahuan yang lain diluar sekolah juga dapat didapatkan. Mudah mengetahui pengetahuan yang baru dan sedang trend menjadikan remaja percaya diri dan optimis untuk terus membuat karya-karyanya. Berbagai pengetahuan yang didapat remaja dapat membuat remaja termotivasi untuk membuat hal-hal baru yang belum pernah ada serta berani tampil dengan apa yang dimiliki dalam bidang pengetahuan. Pengetahua yang didapat dalam internet juga dapat membuka pola pikir remaja yang sedang berkembang dan melihat berbagai pengetahuan yang terbaru dinegara lain.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Aspek psikologis teknologi internet"

Posting Komentar